Macam Macam Otot

Macam Macam Otot
Otot Polos
Otot polos yaitu otot yang tidak melekat pada tulang rangka tubuh namun di jumpai pada dinding penyusun organ-organ tubuh bagian dalam. Sel sel otot polos berbentuk gelendong dengan satu inti sel yang terletak di tengah. Jenis otot ini memiliki aktivitas yang lambat, namun mampu berkontraksi dalam waktu yang lama dan tidak cepat lelah. Gerak otot polos tidak menurut kehendak kita otot tidak sadar.

Otot Lurik
Otot rangka yaitu otot yang melekat pada tulang dan berfungsi menggerakan rangka tubuh secara keseluruhan. Tiap tiap serabut otot merupakan sel tunggal, berinti banyak, berbentuk panjang dan silindris. Otot ini memiliki protein miosin, aktin, tropomiosin ,dan triponin. Otot ini berkerja dipengaruhi otot pusat.

Otot Miokardium
Otot Jantung hanya dijumpai pada dinding jantung dan vena kava yang memasuki jantung. Sel-sel otot jantung menyerupai otot rangka, namun tiap selnya memiliki satu inti sel. Sel otot tersebut membentuk anyaman dengan percabangan. Gerak otot jantung dikendalikan oleh saraf tak sadar(otonom).

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Macam Macam Otot"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top